KEBAIKAN MEROKOK


“MUSUH ROSULULLOH DIANTARANYA ABU LAHAB,ABU JAHAL DAN ABU ROKOK”

KEBAIKAN M E R O K O K

1.Merokok dapat membantu dokter jantung mendapatkan pasien.

2.Merokok dapat membantu pedagang Rokok mendapat rejeki.

3.Rumah orang merokok tidak dimasuki maling,karna jika maling ingin masuk tuan rumahnya batuk

maling menyangka belum tidur,tunggu sebentar masuklagi dan masih batuk lagi,begitulah sampai pagi,selamatlah Rumah perokok dari maling.

4.Merokok ada ilmunya,Asapnya naik keatas abunya jatuh kebumi,begitu juga diri kita Rohnya naik kelangit dan jasadnya kembali keBumi.

5.Orang merokok tidak dikejar anjing,karna jika anjing mengejarnya dua langkah perokok jatuh,anjing mengira mengambil batu padahal nafasnya ngos-ngosan karena jantungnya lemah..

;”MEROKOK MATI TAK MEROKOKPUN MATI,LEBIH BAIK MEROKOK DARIPADA NGOMONGIN ORANG,LEBIH BAIK LAGI TIDAK MEROKOK DAN TIDAK NGOMONGIN ORANG”

Easy Way To Stop Smoking ( bener ga bahasa inggrisnya ? )

Berhenti ya berhenti, kalau mengurangi bukan berhenti namanya, jadi kalau mau berhenti merokok, ya berhenti merokok bukan mengurangi merokok…..Insya Allah semua niat !

Tulisan ini dibuat bukan untuk menyuruh atau menganjurkan orang untuk berhenti merokok, tetapi tulisan ini dibuat untuk membantu para perokok yang mempunyai niat dalam hati untuk berhenti merokok namun belum berhasil dan selalu gagal.

“ Enak ya ga ngerokok, jangan sampe deh. Kalau ada obatnya yang bisa bikin gue berhenti ngerokok gue bersedia beli tuh “ Teman SMP saya berujar.

” Susah banget berhenti ngerokok, udah berusaha ngurangin, besoknya tambah banyak ngerokoknya” Teman saya yang lain bicara.

” Gue lebih kuat ga makan seharian dari pada harus ga ngerokok seharian”

” Habis makan, ga ngerokok…..waaahh mana kuat…asem mulut ”

” Saya kalau ga ngerokok Ide ide ga keluar ”

” Kalau ga ngerokok dikira banci ” ( perasaan, banci hampir rata2 ngerokok ya ? )

” Saya udah coba gonta – ganti merek rokok, dari merek A sampai Z tapi ga juga bisa berhenti ( walaaah mas , niat berhenti apa enggak sih ? atau mau jadi peneliti )

” Saya sudah berusaha ngurangi mbeli dan mbanyakin minta mas ” ( wah ini lain lagi…….:( )

Begitu beragam ungkapan – ungkapan yang keluar dari mulut para perokok yang menyatakan kesulitannya untuk berhenti dari kebiasaan merokok. Bagaikan seseorang yang sedang berada dalam lumpur hidup, dia tidak suka berada didalamnya tetapi tidak bisa keluar dari dalamnya………….

Anda adalah Raja atau penguasa terhadap diri sendiri, Bagian anggota tubuh yang lain adalah rakyat yang seharusnya menurut atas perintah anda, bukan anda yang menurut terhadap perintah rakyat. Lawanlah keinginan anda untuk merokok, karena anda adalah Rajanya, penguasanya sedangkan keinginan untuk merokok adalah rakyat……ini adalah permainan sekaligus pertempuran……antara anda sebagai penguasanya dan keinginan untuk merokok adalah rakyat….bagaimana mungkin anda sebagai penguasa mau saja dengan mudah dikalahkan oleh keinginan untuk merokok….bangkit, lawan dan menang. Hiruplah udara kemenangan, kebebasan dan kekuatan yang tak pernah anda rasakan sebelumnya karena selama ini anda telah terjajah dan dikuasai oleh keinginan untuk merokok…..raihlah posisi dan bergabung bersama para raja yang telah menang dan berhasil meraih kembali pemerintahannya dan keinginan untuk merokok telah menjadi hambanya yang dengan mudah dipatahkan dan disuruh untuk diam. Katakanlah pada diri anda Whos the king ?! Bukalah mata anda …..sanggupkah anda melawan keinginan anda untuk merokok? kalau sanggup anda hebat dan layak untuk bersyukur karena telah diberi kemudahan…..kenapa ? karena begitu banyak yang masih belum dapat keluar dari cengkeraman keinginan untuk merokok.

Tuan – tuan yang dimuliakan Allah SWT. Lihat lah pemandangan berikut ini :

Si Bako ( Nama panjangnya Tembako ) sedang mengalami krisis ekonomi dalam kehidupannya, Bisnisnya mulai mengalami penurunan dan dia membutuhkan suntikan dana segar, tapi hari gini mana ada yang dengan mudah memberikan bantuan tanpa jaminan………

Setiap hari dia sering melamun sambil ditangannya terjepit sebatang rokok menemaninya dalam perjalanan pikiranya mengarungi alam bawah sadar. Tak terasa sebungkus rokok dengan merek yang lumayan disegani sudah habis hanya dalam waktu hanaya setengah hari……..sendiri lagi.

Tuan – tuan bayangkan SEDANG MENGALAMI KRISIS EKONOMI, SEBUNGKUS ROKOK DENGAN MEREK TERNAMA HABIS DALAM WAKTU SETENGAH HARI? Dengan habisnya bungkus pertama itu bukan berarti habisnya semangat untuk terus merokok…………bungkus kedua telah berkurang satu batang dan berpindah tempat dalam jepitan jarinya yang keras dan kokoh.

Tuan – tuan mari kita berhitung,
Sedang krisis ekonomi, butuh uang dari mana kita bisa mendapatkan uang ? Bingung mencari dimana? Padahal itu ada di depan mata dan ada dalam genggaman anda !

Perhatikan baik – baik

Satu batang rokok kita hitung Rp. 700,-
Satu bungkus rokok = 12 batang rokok
Berarti satu bungkus rokok kurang lebih = Rp. 8400,- kalau belinya bungkusan mungkin bisa lebih murah Rp. 400.-

Setengah hari Rp. 8400 kalau satu hari adalah Rp. 8400 X 2 = Rp. 16. 800

Hari gini ada yang mau ngasih duit Cuma- cuma Rp. 16. 800 sehari ?

Kalau di kali kan tiga puluh hari = Rp. 504. 000,- Wow sebuah angka yang fantastis, sebuah modal yang besar bukan?

Ada yang mau memberikan Rp. 504. 000 sebulan Cuma – cuma ?

Kebutuhan manusia yang utama yang apabila tidak terpenuhi dapat menyebabkan kematian adalah Makanan atau minuman. Apabila orang kekurangan pangan atau minuman bisa menimbulkan kematian, tetapi rokok…….? Apa yang akan ditimbulkan ? masalah apa yang kira 2 muncul apabila kita kekurangan rokok atau tidak merokok sama sekali ? Bencana apakah kira2 yang akan muncul ?

Tidak Ada !!! tidak akan ada bencana yang muncul dari kekurangan merokok atau hilangnya rokok dari muka bumi. Yang ada dan akan muncul adalah kebaikan yang banyak untuk setiap orang. Sudah lama kita disulitkan oleh polusi udara yang ditimbulkan dari gas buang kendaraan bermotor belum lagi dari kebakaran hutan yang sering terjadi , efek rumah kaca, pembuangan limbah industri dan termasuk diantaranya adalah akibat pembakaran rokok.

Kalau kita menghitung secara asal, dalam satu batang rokok terdapat satu lembar daun, kalau dalam satu bungkus rokok terdapat 12 batang rokok maka sama saja terkandung 12 lembar daun dan itu sama saja dengan satu pohon, apabila itu dibakar semua maka sama saja dengan membakar satu pohon. Kalau satu orang membakar satu pohon sedangkan dalam satu hari ada kurang lebih 500 ribu orang indonesia merokok satu bungkus rokok maka sama saja membakar 500 ribu pohon, WAH ! jumlah yang tidak sedikit alias banyak. Bayangkan asap yang ditimbulkan…………..

Pernah suatu hari kawan saya yang bisa disebut sebagai fikirman atau manusia laki – laki pemikir bicara kepada saya…..” mas sering lihat begitu mudahnya para perokok ( termasuk dia ) memberikan satu, dua bahkan 5 batang rokok kepada teman2 nya atau bahkan orang yang tidak kenalnya, setelah itu mereka yang berteman tambah akrab dan yang belum kenal jadi kenal , mas jadi berpikir dan membayangkan serta berharap seandainya batang2 rokok tersebut digantikan dengan uang atau benda lain yang lebih bermanfaat maka akan bagaimana jadinya ya ? kalau 1 batang rokok diuangkan Rp. 500,- maka berarti setiap orang yang bisanya sehari bisa memberikan 4 batang rokok sama saja memberikan Rp. 2000 kepada orang lain baik yang dikenal maupun tidak waaaah investasi dunia dan akhirat itu. Kalau digantikan dengan permen bisa dapet 10 bungkus, kalau di beliin roti yang seribuan dapet 2, kalau digantikan dengan cincau bisa dapet 2 gelas, kalau digantikan dengan gorengan bisa dapet lima, kalau dibeliin air mineral gelas bisa dapet lima, kalau dan kalau masih banyak lagi ………….

Dilihat dari segi kesehatan maka perlu kita ketahui bahwa dalam satu batang rokok terdapat 4000 jenis bahan kimia berikut ini saya berikan petikan tulisan yang di buat oleh

dr. Prasanthi
Penulis adalah dokter RSU Swasta di Bandung

Ancaman paling berbahaya dari rokok adalah kepulan asapnya. Dalam asap rokok terkandung 4.000 bahan kimia dan 200 di antaranya dikenal sebagai racun. Selain nikotin, asap rokok tersusun atas selusin gas–sebagian besar adalah karbon monoksida (CO), yang dapat menghambat penyerapan oksigen dalam sel darah merah–dan tar. Tar adalah getah tembakau atau ampas asap yang dapat menyebabkan kanker paru-paru. Semua organ tubuh, mulai dari ujung rambut hingga ke ujung jari kaki, dapat terkena imbas buruk rokok.

Ketika seseorang sedang asyik mengisap rokok, gas karbon monoksida (CO) ikut masuk ke dalam tubuh. Gas CO berebutan dengan oksigen untuk masuk ke dalam sel darah merah (hemoglobin). Sedangkan pada orang yang tidak merokok, ketika bernapas, oksigen akan diangkut oleh hemoglobin, kemudian diedarkan ke seluruh tubuh. Oksigen di dalam darah kaum perokok akan dikalahkan CO, sehingga oksigen yang beredar ke seluruh tubuh berkurang. Karenanya, organ tubuh dan otak tidak mampu berfungsi baik. Akibatnya, wajah jadi pucat dan loyo.
Suatu penelitian mengungkapkan bahwa perokok wanita berpotensi mengalami penurunan gairah seksual, bahkan hingga mencapai fase frigiditas. Sementara perokok pria berpeluang mengalami disfungsi ereksi dalam berbagai tingkatan. Lebih buruk lagi, wanita perokok punya peluang yang lebih besar terhadap kasus menopause dini dibanding mereka yang tidak merokok.
Rokok juga memperlebar peluang terjadinya penyempitan pembuluh darah (artherosclerosis). Hal itu menyebabkan tubuh mengalami kekurangan oksigen sehingga mengakibatkan pecahnya aorta serta bisa merampas nyawa. Wanita yang merokok sekaligus menggunakan pil KB juga berisiko terkena serangan jantung koroner.

Asap rokok diyakini dapat menyebabkan penurunan fungsi paru-paru dan kanker pada bagian organ tubuh ini. Pemicunya, tar yang terkandung dalam asap rokok akan menempel di permukaan saluran pernapasan sehingga menyebabkan perubahan sel normal menjadi sel ganas. Sekitar 87-90 persen kasus kanker paru-paru disebabkan oleh rokok dan 30 persen di antaranya dialami oleh perokok pasif. Kebiasaan merokok 20 batang per hari bisa mencetuskan kanker paru-paru 25 kali lebih besar dibandingkan dengan tidak merokok. Penelitian terakhir bahkan menyebutkan, batangan tembakau ini mengandung formalin. Jika pada lambung saja formalin bisa menimbulkan iritasi, bayangkan jika zat berbahaya ini mengontaminasi paru-paru, salah satu organ tubuh yang cukup sensitif.
Rokok adalah salah satu pencetus paru-paru obstruksi kronis (PPOK). Selain itu, asap rokok mengubah perubahan struktur saluran udara. Bulu getar yang dalam keadaan normal berfungsi membersihkan lendir akan lumpuh sehingga terjadi penim¬bunan lendir berlebihan yang merupakan media perkembangbiakan kuman sehingga berkembang jadi bronkitis.

Rokok juga menjadi biang kerusakan permanen pada struktur paru-paru akibat lumpuhnya serat elastin yang mengakibatkan udara yang masuk sulit dikeluarkan dan tertinggal di kantong-kantong udara. Kondisi ini bisa berujung pada penyakit emfisema, yaitu gangguan atau penurunan faal (fungsi paru-paru), yang semakin lama semakin berat. Gangguan yang muncul berupa penyakit paru-paru obstruksi menahun, dengan gejala klinis berupa sesak napas yang tidak dapat disembuhkan.
Sementara asap tembakau yang tersebar di tempat terbuka akan memengaruhi orang-orang di sekitarnya. Asap rokok menyebabkan iritasi pernapasan yang cukup berat dan merupakan faktor pencetus serangan asma. Dalam kasus infeksi paru-paru, wanita perokok lebih dominan dibanding pria. Nikotin akan beraksi menurunkan ketahanan permukaan saluran udara dalam paru-paru, sehingga mempersubur bakteri maupun virus.

Lebih buruk lagi, bayi yang lahir dari seorang wanita perokok, berbobot lebih ringan 170 gram dibandingkan dengan wanita tidak merokok. Wanita perokok sering kali mengalami keguguran, kematian bayi, dan neo-natal death. Bayi dari wanita perokok umumnya memiliki kondisi fisik maupun intelektual lebih rendah dibandingkan bayi dari wanita yang sama sekali tidak merokok

.

Nah, selain beracun rokok juga dapat membuat penampilan fisik seperti bibir dan gigi menjadi tidak menarik………..

masih berminat merokok ?

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 118 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: