5 Kapal Terbesar di Dunia…SUBHANALLOH


Oleh: Eris Abdurahman

[UNIKNYA.COM]: Inilah kapal terbesar yang pernah dibuat di dunia. Kapal ini berasal dari berbagai kategori, ada kapal cruiser, kargo, kapal perang, dan tanker. Kapal-kapal ini salah satu bukti pencapaian teknologi transportasi. Berikut 5 kapal terbesar di dunia:

1. USS Enterprise (Kapal perang terbesar)

Kapal perang terbesar ini Angkatan Laut Amerika Serikat. Kapal ini dilengkapi 2 reaktor nuklir yang dibuat oleh Westinghouse yang menggerakkan 4 turbin uap yang dihubungkan dengan 4 poros baling-baling. Mesin turbinnya menghasilkan 260.000 tenaga kuda yang dapat menggerakkan kapal dengan kecepatan 30 + knot. Dengan sistem logistik yang dimiliki Angkatan Laut Amerika Serikat, memungkinkan kapal ini berlayar keliling dunia non-stop tanpa harus berhenti dan bersandar untuk mengisi ulang. USS Enterprises memiliki panjang 340 meter, bobot 101.196 ton, dengan jumlah awak kapal 5.700 orang, dan jumlah pesawat yang bisa ditampung sebanyak 85 unit.

USS Enterprise

2. Berge Stahl (Kapal curah terbesar)

Berge Stahl terdaftar di Stavanger, Norwegia, dan sebelumnya terdaftar di Monrovia, Liberia. Kapal ini dibangun pada tahun 1986 oleh Hyundai Heavy Industries dan dimiliki perusahaan asal Singapura, BW Group. Karena ukurannya yang super besar, kapal ini hanya bisa sepenuhnya merapat di dua pelabuhan di dunia, Terminal Maritimo de Ponta da Madeira di Brazil dan Europort di Belanda.

Berge Stahl

3. Oasis of The Seas (Kapal layar terbesar)

Kapal pesiar terbesar ini dioperasikan Royal Caribbean International dengan berat total 225.282 ton dan panjang total 360 meter. Biaya pembuatannya mencapai sekitar US$ 1,4 Milyar pada tahun 2006 dan dibuat oleh galangan kapal STX Eropa di Turku, Finlandia. Ini adalah kapal paling mewah yang pernah dibangun di dunia.

Oasis of The Seas

4. Emma Maersk (Kapak kontainer terbesar)

Kapal kontainer terbesar ini dimiliki perusahaan kapal kontainer, Maersk Group. Kapal ini mampu memuat hampir 11,000 TEU’s (Twenty feet Equivalent Unit), atau 1.400 kontainer lebih banyak dari rata-rata kemampuan kapal (asumsi berat per kontainer adalah 14 ton).Emma Maersk dibangun Odense Steel Shipyard Denmark pada tahun 2006. Ada fakta menarik ketika kapal itu sedang dibangun. Ada kebakaran besar terjadi di dek akomodasi yang menyebabkan banyak kerusakan. Tapi semuanya bisa diperbaiki dengan cepat dan kapal diselesaikan tepat waktu. Kapal bernama EMMA Maersk, yang merupakan nama dari istri Mc-Kinney Maersk, pendiri Maersk Group.

Emma Maersk

5. Knock Nevis (Kapal super tanker terbesar)

Knock Nevis atau Jahre Viking adalah kapal terbesar yang pernah dibangun di dunia. Ini adalah super tanker dengan kelas ULCC (Ultra Large Crude Carrier) dengan panjang kapal 485 meter. Jika kapal itu berdiri, maka kapal ini akan lebih tinggi dari Petronas Twin Tower. Karena ukurannya yang besar, Jahre Viking tidak bisa melewati kanal Panama atau Terusan Suez, bahkan Selat Inggris. Tonase bobot mati dari Jahre Viking adalah 564.763 ton, sehingga dapat mengangkut 4.1 juta barel minyak mentah sekali berlayar. (**)

Knock Nevis

 

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 121 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: